Jumat, 22 Maret 2013

Cara Kerja Motor 4 Tak

1. Langkah hisap (suction stroke)
Katup masuk terbuka, katup buang tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB.

Gambar 1: Langkah Isap (Suction Stroke)
Sewaktu piston bergerak kebawah tekanan diruang pembakaran menjadi hampa (vakum). Perbedaan tekanan udara luar yang tinggi dengan tekanan hampa, mengakibatkan udara akan mengalir dan bercampur dengan gas. Selanjutnya gas tersebut melalui klep pemasukan yang terbuka mengalir masuk dalam ruang cylinder.

2. Langkah kompresi (compression stroke)
Katup masuk dan katup buang tertutup, Piston bergerak dari TMB ke TMA.
Gambar 2: Langkah kompresi (compression stroke)
Setelah melakukan pengisian, piston yang sudah mencapai TMB kembali lagi bergerak menuju TMA, ini memperkecil ruangan diatas piston, sehingga campuran udara-bahan bakar menjadi padat, tekanan dan suhunya naik. Tekanannya naik kira-kira tiga kali lipat. Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA terjadi letikan bunga api listrik dari busi yang membakar campuran udara-bahan bakar. Sewaktu piston bergerak keatas, klep pemasukan tertutup dan pada waktu yang sama klep buang juga tertutup. Campuran diruang pembakaran dicompressi sampai TMA, sehingga dengan demikian mudah dinyalakan dan cepat terbakar.

3. Langkah kerja (explosion/power stroke)
Katup masukdan katup buang masih tertutup, Piston bergerak dari TMA ke TMB.
Gambar 3: Langkah kerja (explosion/power stroke)
Campuran terbakar sangat cepat, proses pembakaran menyebabkan campuran gas akan mengembang dan memuai, dan energi panas yang dihasilkan oleh pembakaran dalam ruang bakar menimbulkan tekanan ke segala arah dan tekanan pembakaran mendorong piston kebawah (TMB), selanjutnya memutar poros engkol melalui connecting rod.

4. Langkah Pembuangan (exhaust stroke)
Katup masuk tertutup, Katup buang terbuka, Piston bergerak dari TMB ke TMA.
Gambar 4: Langkah Pembuangan (exhaust stroke)
Sebelum piston bergerak kebawah ke TMB, klep pengeluaran terbuka dan gas sisa pembakaran mengalir keluar. Sewaktu piston mulai naik dari TMB, piston mendorong gas sisa pembakaran yang masih tertinggal keluar melalui katup buang dan saluran buang ke atmosfir. Setelah piston mulai turun dari TMA klep pengeluaran tertutup dan campuran mulai mengalir kedalam cylinder.

Jika masih kurang jelas dengan gambar yang ditampilkan, silahkan perhatikan vidio cara kerja motor 4 tak dibawah ini:
by: http://www.youtube.com/watch?v=7NTNVpdON00

Sumber:
Jama, Jalius & Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
http://www.youtube.com/watch?v=7NTNVpdON00

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money